Diabetes Merupakan Penyakit Yang Paling Banyak diderita di Nias

Dalam hasil pengujian kesehatan masyarakat oleh suatu badan kesehatan independen di Nias pada Bulan April 2007 yang lalu, menyatakan bahwa di Nias pada umumnya sangat besar jumlah penderita diabates. Ini disebabkan oleh karena kebiasaan pola makan yang salah secara turun temurun.

Belum ada penyuluhan secara serius di Nias mengenai penanggulangan gejala penyakit mematikan ini, oleh karena itu sangat diharapkan adanya sebuah Yayasan Kesehatan Masyrakat dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar dapat memutus mata rantai penyakit ini di tengah-tengah masyrakat Nias. Pola makan adalah kuncinya, karena kebiasaan memakan makanan NASI dan DAGING BABI merupakan pemicu diabetes secara sporadis.

APAKAH YANG MENYEBABKAN PENYAKIT DIABETES

Diabetes berlaku apabila hormon insulin yang dikeluarkan tidak mencukupi atau tidak berkesan.

Ini menyebabkan glukosa yang terkumpul di dalam darah tidak dapat masuk ke sel badan.

Oleh Karena itu, Glukosa akan terkumpul sebanyak-banyaknya dalam darah dan akhirnya melimpah dalam air seni (kencing).

Keadaan itulah yang mengakibatkan badan menjadi lemas karena energi kurang, sekalipun gula ada dalam darah.

Penyebab kematian terbesar di Nias adalah penyakit diabetes yang telah memicu komplikasi penyakit lainnya seperti hypertensi dan juga jantung (kolesterol). Istilah dari penyakit ini ada dua yaitu kekuarangan insulin dan jenis gula (glukosa) yakni:

INSULIN, Sejenis Hormon yang dikeluarkan oleh organ pankres yang terletak dibelakang perut. Insulin berfungsi membantu gluokosa memasuki Sel Badan dan menukarnya menjadi tenaga.

GLUKOSA, SejenisĀ gula yang dihasilkan melalui berbagai jenis makanan. Makanan diolah dalam perut dan menghasilakn glukosa sebagai sumber energi lalu diserap oleh tubuh secara normal agar bisa beraktifitas.

Semoga sehat selalu terutama Keturunan Mado Gulo. Amin

7 responses to “Diabetes Merupakan Penyakit Yang Paling Banyak diderita di Nias

  1. Saya prihatin sekali dengan tulisan beliau yang memuat tentang Diabetes yang akhir2 ini melanda kab Nias Barat hasil dari Survei saya di lapangan, lebih dari 20% penduduk Nias Barat terkena Penyakit Diabetes. Nah kita di prantauan memberi solusi dan masukan kepda masyarakat kita http://www.taslyblog.blogspot.com saya adakan penelitian & mencoba memberi obat kepada penderita Diabet dan hasilnya sangat memuaskan. Ingin konsultasi silahkan kirim email anda atau kunjungi blog di atas dan temukan jawaban kesehatan anda Yahowu

  2. semoga pada cepet sembuh yah…
    kalo paman sih pake propolis alhamdulillah udah sangat-sangat pesat perkembangannya…gula darahnya sekarang udah mendekati normal..

  3. Banyak cara menanggulangi diabetes.Tapi belum ada obat yang dapar menyembuhkan penyakit ini secara total. Disini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara menurunkan glukosa dan kadar insulin didalam tubuh. U/ sayuran makan sayuran yang berasa pahit(pare,paya,dll),secara obat tradisional gunakan biji mahoni(aman, tidak beracun) dan undur2 sebagai pengontrol insulin, banyak olahraga minimal 30menit sehari(wajib anda lakukan). Ada yang org yang berpenyakit kencing manis dan glukosa yang tinggi dapat sembuh dengan cara olahraga teratur minimal 30menit sehari,diet yang dibarengi olahraga yang teratur.
    Ternyata bawang putih pun manpu mengontrol kadar insulin dan kolesterol dalam darah.Bawang putih memiliki zat yang bernama alin.Zat ini berguna mengontrol glukosa, lemak, serta berbagai macam kelebihan zat didalam tubuh.Bawang putih banyak dijadikan sebagai obat berbentuk kapsul, yang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes serta kolesterol.
    Menurut anjuran kesehatan, mereka yang bobot badannya di bawah 60 kg dianjurkan menggunakan dosis dua suing bawang atau setara dengan tujuh gram sekali makan. Sedang bagi mereka yang berbobot lebih dari 60 kg dengan dosis tiga suing bawang atau setara dengan sepuluh gram.
    Cara penggunaannya bias dibuat sambal kecap dengan diiris-iris bersama bawang merah dan cabe untuk teman makan nasi. Bisa juga dimemarkan kemudian diseduh dengan air panas sebanyak setengah gelas dan selanjutnya diblender atau dijus.
    Cara lain lagi adalah bawang diparut, kemudian diseduh air panas lalu diminum setelah hangat berikut ampas-ampasnya.
    Bagi penderita diabetes, sebaiknya periksa laboratorium dulu sebelum menggunakan resep ini. Setelah menggunakan resep ini selama seminggu sebaiknya cek lagi di laboratorium. Apabila terjadi penurunan kadar gula darah cukup banyak, dosis sebaiknya diturunkan. Apabila kadar gula dalam darah mendekati normal, kurangi lagi konsumsi bawang putihnya.

  4. Penyakit Diabetes dapat tertolong dengan mengkonsumsi Tahitian Noni Juice.
    Diabetes adalah penyakit dimana kadar glukosa di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat melepaskan atau menggunakan insulin secara cukup.
    Insulin adalah hormon yg dilepaskan oleh pankreas yg bertanggung jawab dalam mempertahankan kadar gula yg normal.
    Tahitian Noni Juice mampu menbantu penderita diabetes karena bahan utamanya adalah mengkudu, memiliki kandungan bioaktif seperti ProXeronie, Acubin dsb. ProXeronine dalam tubuh diubah menjadi Alkaloid Xeronine yg mempunyai khasiat menurunkan tekanan darah, artritis, tukak lambung dan gangguan pencernaan.Tahitian Noni Juice bertugas memperbaiki sel pankreas agar pankreas dapat menghasilkan insulin kembali sehingga kadar gula darah berangsur-angsur normal kembali.
    Produk ini sudah memiliki 200 lebih paten untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit.Termasuk paten untuk diabetes : Preventative and Treatment Effects of Morinda Citrifolia on Diabetes US Patent Nos.6,855,345 February 2005 and No.7,186,422 March 2007.
    Penting bagi kita untuk selalu ingat bahwa adaptogen dari juice noni adalah makanan kesehatan dan bukan obat.Namun demikian, Tahitian Noni Juice dapat membantu pengobatan yang kita lakukan menjadi lebih efektif serta mengurangi efek samping normal dari obat-obat tertentu.
    Tahitian Noni Juice aman dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak serta dewasa.
    Saya sangat prihatin terhadap kondisi ini.
    Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi solusi tepat.
    Trims…

  5. Bagus tulisan ini, terima kasih.

    Kontrol diabetes, biasanya menambah setres karena ikut kita pikirkan keadaan tubuh kita.

    Diabetes katanya bukan penyakit

    Gina Astuti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s