Cara Sederhana Memelihara Bumi

Global Warning terlalu canggih…!

Saya tuliskan cara memelihara bumi dengan sederhana:

  1. Matikan listrik jika tidak digunakan. Jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Meski listrik tidak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik (PLN) menggunakan bahan bakar FOSIL penyumbang besar emisi
  2. Ganti Lampu Kejenis CFL, sesuai daya listrik. Sekalipun harganya agak mahal, namun lampu ini lebih hemat listrik dan awet. Bersihkan lampu dari debu, karena dapat mengurangi tingkat penerangan hingga lima persen.
  3. Jika terpaksa memakai AC (Air Conditionner) tutup pintu dan jendela selama AC beroperasi. Atur suhu sejuk secukupnya sekitar 21 -24 celcius. Jangan merokok dalam ruangan AC, harus dimulai dari sekarang.
  4. Gunakan Timer untuk mengatur AC, Microwive, Oven dan Magic Jar dll
  5. Alihkan Panas Limbah Mesin AC untuk mengoperasikan Water Hitter
  6. Tanam Pohon disekitar rumah tempat tinggal anda, kalau perlu ajak semua orang / tetangga menanam pohon apa saja.
  7. Jemur pakaian diluar, karena angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin dryer yang banyak mengeluarkan emisi karbon tentunya.
  8. Gunakan kendaraan umum (Untuk mengurangi Polusi Udara dari Mobil Anda)
  9. Hemat Penggunaan Kertas, bahan bakunya berasal dari kayu, sehingga produksi kertas menurun dan penebangan terhadap kayu atau hutan pun menurun  secara perlahan.
  10. Meminimalkan penggunaan plastik. Hampir semua sampah perkotaan terdiri dari plastik yang menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Sebaiknya sampah plastik dari rumah anda dipisahkan dan menjadi penghasilan pemulung agar bisa didaur ulang.

Mulailah dari sekarang sebagai bukti kepedulian akan dunia ini, memulai dari sendiri dan sekarang juga.

Mado Gulo

One response to “Cara Sederhana Memelihara Bumi

  1. aku kepingin sekali bumi itu indah tanpa polusi.dan aku ingin semua yang punya kendaraan mobil atau motor diwajibkan memakai motor atau mobil listrik walaupun harganya mahal.jika tidak mau memakai motor atau mobil listrik boleh memakai motor atau mobil yang memakai bensin,tapi jangan kebanyakan memakai bensin.bensin dari bahan fosil,kotoran hewan.jadi sebagai manusia kita harus mengerti dan mengasihani bumi agar bumi jauh dari kotoran,asap dan lain lain.terima kasih…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s