Marga Gulo, Terbesar di Nias

Nias, adalah pulau kecil disebelah barat Sumatera berpenduduk sekitar 750.000 Jiwa dengan sebutan SUKU NIAS. Diperkirakan Luas Wilayahnya 5.625 km² (data Statistik Pemda Nias 1996). Pada saat ini Pulau Nias terdiri dari dua kabupaten yaitu Nias dan Nias Selatan, masuk dalam wilayah propinsi SUMATERA UTARA Republik Indonesia. 

Marga Gulo (MADO GULO) adalah sebuah marga yang diperkirakan sudah ada sejak ada manusia di daratan Pulau Nias. Marga Gulo berasal dari kata Nenek Moyang Mado Gulo yaitu “KULO ANA’A”. Anak Kedua dari 9 bersaudara dan memiliki keturunan yang tersebar hampir 90 % daratan Nias. Sebagai bukti bahwa disetiap kecamatan di Nias (dua Kabupaten) Marga Gulo dapat ditemukan. Budaya Nias sangat unik dan tidak ada kesamaannya dengan suku-suku disekitarnya seperti suku batak, mandailing dan suku dari Padang. Suku ini memiliki Bahasa dan kultural yang tersendiri. Sejauh ini belum ditemukan asal-usul nenek moyang suku Nias, namun kalau dilihat dari berbagai informasi, SUKU NIAS lebih condong (karena memiliki budaya dan postur tubuh yang hampir sama) dengan SUKU NAGALAND di Daratan China Selatan.

Batumegalitnya menunjukkan bahwa Pulau ini telah berpenghuni sejak 1000 tahun sebelum Masehi. Namun, itu semua hanya ebua hasil penelitian yang sampai saat ini masih saja dilakukan untuk tujuan keakrutan data. Nias, kaya budaya dan daerahnya sangat indah. Memiliki obyek wisata penting seperti selancar (surfing), rumah tradisional, penyelaman, lompat batu.

Agama mayoritas di daerah ini adalah Kristen 97.5 % dan sisanya adalah Agama Islam dan Budha. Setiap penduduk memliki ternak babi sebagai penghasilan utama, namun sejak Gempa pada tahun 2005, penduduk kembali bertani dan menanam coklat (Cacao). Pulau Nias sebagai penghasil kakao no 3 di Sumatera Utara.

17 responses to “Marga Gulo, Terbesar di Nias

  1. Mohon di gali lg lbh dLm sejarah marga2 pertama dan berikutnya
    sebab menurut sejarah leluhur marga perta adalah Waruwu,Halawa,Gulö

    • Jelas lah gulo ada di mana mana, mau di darat, hutan, sungai dll.
      Makanya mado gulo ttap ada dimana mana di setiap daerah, bkn berarti mado gulo yg pertama di nias, yg pertamanya mado Hia

      tpi katanya leluhur mado gulo ada dua;
      KULO ANA’A dan KULO BO’U
      jlsin lah ceritanya.
      Kalau aq kulo ana’a-lawelu.
      Hahah..?

  2. ya.ahowu,Ami IRA talifusogu.ada banyak silsilah yang semakin lama semakin semrawut.sedikiT in form as I ten tang silsilah madoda.TUADA’HO’ PUNYA anak 2 orang yaitu,TUADA GOZO DAN MOLO. Tuada gozo,puny a putra 5 orang yaitu. Halawa,Nduru,Laia, Buulolo.dan giawA. kemudian Tuada Halawa puny a putra 2 orang yaitu.TUADA GaMaOSO DAN LUMUA. Tuada Kamoso tinggal tetap didesa Lahemo atau singkatan nama desa itu adalah lahegamaoso.
    Tuada Gamaoso punya putra 3 orang,yaitu WARUWU,GULO DAN NDRAHA.Dan ada sampai sekarang peninggalan batumegalith di lahemo itu, Megalith itu adalah milik mado mado diatas.dan Tuada lumua tinggal tetap di sambulu hingga sekarang..Itu lah sebabnya ada mado HALAWA GOZo.
    sedangkan mado halawa di lahemo dan wango ,moi dll,punya gelar mado masing-masing.salah satunua halawa niru,halawakoo,halawataru.DLL.ITULAH sebab,nya di Mana ada gulo disitu ada halawadan waruwu.ya.ahowu.

  3. Bwt smua sdr/i, mw nanya,
    knpa org nias mirip dengan orang CINA,
    putih,sipit,soalnya smua teman saya,nanya trus,apakah kalian orang Cina bukan…?
    klo mw jalan slalu di tanya,orang Cina bukan..?

    Ya`ahowu Fefu marga Gulo.

  4. saya adalah marga gulo yang lahir dan tinggal di perantauan tepatnya di padang,sumatera barat.yang saya ingin saya tanyakan bagaimana sebenarnya asal-usul marga gulo dan hubungan kekerabatanya gengan marga nias yang lainya,serta saya mohon sumbernya dicantumkan!

    Hanya sekian salam damai……….

    Smoga Tuhan menyertai kita selalu,,,Amin……

  5. saya ceria gulo tinggal di medan
    saya mau bertanya kenapa suku nias mirip dengan bangsa cina
    hampir tidak bisa di bedakan
    teman2 saya sering bertanya mengenai hal ini tpi saya tidak tau untuk menjelasinya

    kirim komenya ya…
    trinitasgolgata@ymail.com

  6. Saya ada benarnya, mado Gulo terbesar di Nias, coba lihat 75 persen di Gido adalah mado Gulo, Mandrehe (5 Kecmatan) apalagi, teluk dalam saja ada mado gulo, Gomo 30 madogulo, Kec Alasa dan Lahewa saja ada mado gulo, mari kita satukan hati kita merangkul mereka dalam Forum Mado Gulo. Anda tahu di G sitoli, mado Gulo mendominasi Guru SD, SMP dan SMA?

    Gulo

  7. Menurut saya artikelnya bagus!

    Tapi beberapa kejanggalan menurut saya, mohon diperhatikan maaf ya…
    1. Atas dasar apa penulis artikel ini berkesimpulan bahwa bahwa marga GULO tersebar hampir di 90% daratan pulau Nias. Mohon di jelaskan, seolah-olah mado GOLO dominan di Nias. Padahal kesimpulan ini salah besar man…
    2. Saya senang dengan situs mado gulo, karena saya tahu bahwa ini merupakan bentuk solidarity untuk menjalin komunikasi antara sesama mado gulo. Hanya, saya sarankan kita jangan terlalu sempitlah, atau chauvinis ( yang hanya mengangungkankan suku/golongan) sendiri (90% madogulo tersebar di daratan Nias) karena akibatnya akan membawa orang pada kebrutalan, dan tidak menghargai yang lain…

    Puji Tuhan

    Alamat http://www.niasbaru.wordpress.com

  8. Beberapa bulan yang lalu, saya udah mulai buka website ini. Pada umumnya semakin bagus, baik isi maupun komentar-komentar pembaca. tapi ada beberapa yang janggal:
    1. nama moderator wedsite yang dirahasiakan (berarti ada sesuatu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan? atau?
    2. Panitia awalnya yang kebanyakan gelar. tolong dijelaskan! dari lulusan mana aja.
    3. Supaya sejarah mado gulo disertakan dengan jelas nara sumber atau tokoh sejarahnya

    saohagolo. mohon maaf kalo ada kekurangan. selamat dan sukses.

  9. Selamat datang pak JHG di dunia maya informasi mado Gulo. Pencetus website ini mungkin masih ngumpet n belum ingin keluar dari sarangnya. #Lautan Barat#

  10. Pak Moderator,

    Meneruskan artikel di atas, tentang perkembangan Mado Gulo, dikatakan bahwa Mado ini anak kedua dari 9 bersaudara.

    Klo boleh tau, siapakah 9 bersaudara tersebut? Bukannya Mado Gulo ini berasal dari Mado Hia. Adakah referensi tentang pernyataan di atas? Selanjutnya apakah ada pohon Mado Gulo, siapakah yang punya dan apakah bisa diperbanyak? Jikalau tidak salah dengar, Mado Gulo itu ada 2?

    Hal ini ditanyakan supaya anak cucu kita di kemudian hari mengetahui tanah leluhur dan pohon Mado Gulo, terlebih bagi kami, seperti saya, yang lahir dan besar di rantau.

    Karenanya mohon bantuan atau pencerahannya. Sebagai tambahan informasi orang tua saya berasal dari desa Lolomoyo, Simaeasi, Mandrehe.

    Salam,
    Januar H. Gulo (jgulo)

    NB.: Mengapa pencetus ide website ini dirahasiakan?

  11. Saya ama maya gulo (Mustika Ranto Gulo), sangat bangga jika situs ini bisa kami kelola. Hal-hal perlu diberikan adalah:

    Username:
    Pasword:

    kirim ke ranto@microtellindo.com

    Kami beranji akan mengelolanya dengan baik, banyak sekali keberatan dari teman-teman karena alamat rumah nama anak-anak saya dan sekolah mereka juga di copy paste dari madogulo@yahoogroups.com.

    Ini sangat berbahaya bagi kita semua, bisa saja disalah gunakan orang lain. Alamat2 itu harap di hapus.

    sekali lagi kami bisa dihubungi
    Ranto 0818844224.

    Salam Mado Gulo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s