Jangan Terburu Nafsu Membuat Laporan Pengaduan ke Polisi

Dalam KUHP Pasal 317 bahwa “(1) Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun,

(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No, 1 – 3 dapat dijatuhkan. “

Masyarakat yang tidak tahu tentang pasal ini, biasanya sangat arogan membuat laporan polisi untuk mengadukan saudaranya dengan dalih contoh paal 310 dan 311 yaitu pasal mengenai pencemaran nama baik dan fitnah. Mereka tidak tahu jika hal itu tidak bisa dibuktikan maka akan termakan dengan KUHP 317 di atas. 

Pasal 310

(1) Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Jika hal itu dilakukan dengan tulisan atau gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan atau ditempelkan di muka umum, maka diancam karena pencemaran tertulis dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(3) Tidak merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, jika perbuatan jelas dilakukan demi kepentingan umum atau karena terpaksa untuk membela diri.

Pasal 311

(1) Jika yang melakukan kejahatan pencemaran atau pencemaran tertulis dibolehkan untuk membuktikan apa yang dituduhkan itu benar, tidak membuktikannya, dan tuduhan dilakukan bertentangan dengan apa yang diketahui, maka dia diancam melakukan fitnah dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No. 1 – 3 dapat dijatuhkan.

Pasal 312

Pembuktian akan kebenaran tuduhan hanya dibolehkan dalam hal-hal berikut:
1. apabila hakim memandang perlu untuk memeriksa kebenaran itu guna menimbang keterangan terdakwa, bahwa perbuatan dilakukan demi kepentingan umum, atau karena terpaksa untuk membela diri;

2. apabila seorang pejabat dituduh sesuatu hal dalam menjalankan tugasnya.

Pasal 313

Pembuktian yang dimaksud dalam pasal 312 tidak dibolehkan, jika hal yang dituduhkan hanya dapat dituntut atas pengaduan dan pengaduan tidak dimajukan.

Pasal 314

(1) Jika yang dihina, dengan putusan hakim yang menjadi tetap, dinyatakan bersalah atas hal yang dituduhkan, maka pemidanaan karena fitnah tidak mungkin.

(2) Jika dia dengan putusan hakim yang menjadi tetap dibebaskan dari hal yang dituduhkan, maka putusan itu dipandang sebagai bukti sempurna bahwa hal yang dituduhkan tidak benar.

(3) Jika terhadap yang dihina telah dimulai penuntutan pidana karena hal yang dituduhkan padanya, maka penuntutan karena fitnah dihentikan sampai mendapat putusan yang menjadi tetap tentang hal yang dituduhkan.

Pasal 315

Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat peneemaran atau pencemaran tertulis yang dilakuknn terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan stau diterimakan kepadanya, diancam karena penghinaan ringan dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

Pasal 316

Pidana yang ditentukan dalam pasal-pasal sebelumnya dalam bab ini, dspat ditambah dengan sepertiga jika yang dihina adalah seorang pejabat pada waktu atau karena menjalankan tugasnya yang sah.

Pasal 317

(1) Barang siapa dengan sengaja mengajukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, baik secara tertulis maupun untuk dituliskan, tentang seseorang sehingga kehormatan atau nama baiknya terserang, diancam karena melakukan pengaduan fitnah, dengan pidana penjara paling lama empat tahun,

(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No, 1 – 3 dapat dijatuhkan.

Pasal 318

(1) Barang siapa dengan sesuatu perbuatan sengaja menimbulkan secara palsu persangkaan terhadap seseorang bahwa dia melakukan suatu perbuatan pidana, diancam karena menimbulkan persangkaan palsu, dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

(2) Pencabutan hak-hak berdasarkan pasal 35 No. 1 – 3 dapat dijatuhkan.

Pasal 319

Penghinaan yang diancam dengan pidana menurut bab ini, tidak dituntut jika tidak ada pengaduan dari orang yang terkena kejahatan itu, kecuali berdasarkan pasal 316.

Pasal 320

(1) Barang siapa terhadap seseorang yang sudah mati melakukan perbuatan yang kalau orang itu masih hidup akan merupakan pencemaran atau pencemaran tertulis, diancam dengan pidana penjara paling lama empat bulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Kejahatan ini tidak dituntut kalau tidak ada pengaduan dari salah seorang keluarga sedarah maupun semenda dalam garis lurus atau menyimpang sampai derajat kedua dari yang mati itu, atau atas pengaduan suami (istri)nya.

(3) Jika karena lembaga matriarkal kekuasaan bapak dilakukan oleh orang lain daripada bapak, maka kejahatan juga dapat dituntut atas pengaduan orang itu.

Pasal 321

(1) Barang siapa menyiarkan, mempertunjukkan atau menempelkan di muka umum tulisan atau gambaran yang isinya menghina atau bagi orang ymg sudah mati mencemarkan namanya, dengan maksud supaya isi surat atau gambar itu ditahui atau lehih diketahui oleh umum, diancam dengan pidana penjara paling lama satu hulan dua minggu atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

(2) Jika Yang bersalah rnelakukan kejahat.an tersehut dalam menjalankan pencariannya, sedangkan ketika itu belum lampau dua tahun sejak adanya pemidanaan yang menjadi tetap karena kejahatan semacam itu juga, maka dapat. dicabut haknya untuk menjalankan pencarian tersehut.

(3) Kejahatan ini tidak dituntut kalau tidak ada pengaduan dari orang yang ditunjuk dalam pasal 319 dan pasal 320, ayat kedua dan ketiga.

 

About these ads

19 responses to “Jangan Terburu Nafsu Membuat Laporan Pengaduan ke Polisi

  1. Pagi,

    Mau tanya, sy salah 1 korban penipuan online HP, sdh merasa dibohongi. Hp yg sy beli itu tdk original. Sudah bnyk korban, gimana cara menindak lanjutinya ke yg brwajib, pasal brp ya?

    Thank

  2. ASSALAMUALAIKUM WR WB.

    CURHAT ……BROOO KEJADIAN ANEHH MEMANG
    MENIMPA KELUARGA –
    CERITANYA :
    PADA WAKTU ANAK NYA SEBELUM MENDERITA ATAU VONIS TUMOR MATA , DAN MENGALAMI KEBUTAAN
    IA BELUM DIVIONIS , SEWAKTU SAKIT SEPERTI SAKIT PANAS BIASA TIBA -TIBA ANAK KECIL TSB , MENANGISS .. DAN DIBAWA KERUMAH SAKIT SWASTA DI SURABAYA –
    HAL ANEH INI LAMA KELAMAAN SEMAKIN MENJADI-JADI
    AKHIRNYA .. TIBA TIBA MATA NYA TERDAPAT TUMOR , MATA APA MUNGKIN PENDERITA MENGALAMI SEJAK DALAM KANDUNGAN ATAU PENYAKIT TURUNAN………..
    MAKASIHHHH ……………AMIT SEDOYOOOOOO

  3. Halo perkenalkan nama gw nienda,gw jengkel banget …
    gw ada masalah sama orang yah orang berduit…tapi gara2 masalah ini malah ada sekelompok orang yang membujuk gw buat nutup masalah ini, termask ada seorang oknum polisi yang datang ke rumah dengan alasan sdg proses mediasi antara gw sma orang itu ( ketemu aja g pernah tau2 bilang mediasi ) tujuannya sama biar gw tutup mulut sma masalah ini dan orang itu kaya nakut2in ke ortu klo misal masalah gw mau di terusin….bisa d penjara lah atas dasar pencemaran nama baik lah ato apa lah…gw g takut karna gw ada bukti…tapi yahh gw orang g punya ortu gw uda takut bangeet sama ancaman itu polisi…akhirnya gw d suruh tutup mulut juga…padahal gw uda di perlakukan kaya orang g bener sma tuh orang yang bikin gw trauma soal harga diri gw..
    menurut lo bener g polisi datang sprti itu? gw ampe depresi gara2 masalah ini buntu…

  4. saya pasang iklan jual rumah, blm 3 jam iklan ditayangkan, dah ada yg ngaku2 sudah liat rumah dan merasa cocok, trus sy disuruh menghubungi seseorang yg dia sebutkan nomornya tlpnya. Aneh, kapan dia liat2 rmh? trus siapa yg butuh, kok sy yg disuruh tlp? trus, kok spertinya jadi modus umum, sms yg dtg ga cuman 1, tp beberapa dgn nomor dan nama yg berbeda, tp konteks kalimatnya hampir sama.

  5. aq seorang warga negara indonesia yg mgalami ketidak adilan dan pelanggaran HAM tp tak tau hrs mgadu pada siapa????
    Krn aq hnya insan yg tak brharta sdh mencoba mengadu ke kepolisian tp hsil sngat mengecewakan

  6. PENIPUAN http://www.plazaonlineshop.com Black Market, alamat Batam
    No. Hp: 082111139777, no. Rekening BRI 092201003623508 atas nama Surya Herman alamat: BRI Cabang Pondok Labu Jakarta, kalau bisa diblokir rekeningnya: nomornya aktif terus, uang teman sy sudah dikirim totalnya 25.jt…tolong bagi pihak yg berwajib, supaya di lacak dan ditangkap.

  7. Oktober 2010 saya mengurus skck di polsek patebon dan polres kabupaten kendal, terpasang banner layanan prima dan layanan murah. saya harus membayar 7000 untuk surat pengantar ke polres kendal, 20.000 untuk administrasi pembuatan skck, 10.000 untuk sidik jari…
    terbukti tidak ada layanan yang murah dan prima…
    saya mendapat Pelayanan Polisi tidak ramah, kasar, arogan…

  8. Sering terjadi tindak pelecehan seksual di angkutan umum elf rute tambun menuju bekasi yang dilakukan oleh pengamen bergerombol. Mohon pak polisi bertindak tegas karena sudah sangat meresahkan dan menggangu.

  9. Namaq untng tp tak seuntng hari ini..pagi2 ada tgas dri kantor aku ma temen.ga tauny ada operasi pengecekan surat2 kendaraan.tp yg q heranin sikapny krng baik ga ucp selamat pagi,siang malah cra pengemblianx sim n stnka kasar bnget msak dtaruh d mulutku.(kjdian.dtulungagung)emng q lg sial aja ktmu orng itu.tp anehny soreny dia datang dkantor saya kira minta ma’af trnyta sebaliknya.dia bilang saya itu kesatuan silahkn lapor saya ga takut,trus phak kntor brusaha ambil jln damai.tp dia nya mau damai atas nama kntorq,tp klo diluar ga mau ma’afkn.mlh dia sprti ngancam ” km itu harganya berapa tak beli” sbnere q takut sampe sekarng kalo ada apa2ny dgn diri saya. emng orngx kasar q pny info dia dulu dksatuan brimob skrng turun k lantas,krn tindakan arogan k atasanx..semoga dia dbri hidayah n bersifat welas asih kpd msyrakat spya sesuwai dgn pedoman Polisi melindungi dan melayani masyarakat.

  10. Numpang curhat yah……..!!!!!!

    SEMOGA PENGALAMAN INI TIDAK TERJADI PADA ANDA,sudah puluhan kilometer kita tempuh hasilnya hanya buang-buang waktu saja.

    Pagi-pagi saya berangkat menuju SAMSAT PADALARANG yang jaraknya lumayan jauh dari daerah saya.,saya langsung menuju ke loket INFORMASI dari informasi saya di tunjukan ke loket 13 karena di situlah tempat pelayanan MUTASI KE LUAR DAERAH,saya di layani pak polisi yang berinisial (kalau saya tidak salah lihat) “H”.sama pak H saya suruh baca persyaratan,karena saya sudah tanya2 sehari sebelumnya lewat telephone(022-6621010) saya minta pak H untuk mengecek kekurangan2 persyaratannya,tapi jawaban pak H tetap suruh baca sambil bilang cek fisk juga belum ada (dengan nada marah lho) akhirnya saya Tanya tempat cek fisik ke pak polisi yang berada di luar ,saya di tunjukan ke bagian belakang(tempat cek fisik).di tempat cek fisik ploisi mengingatkan persyaratanya sudah di copy rangkap 4 belum?(dengan nada ramah).setelah persyaratan semua sudah saya penuhi saya kembali lagi ke loket 13 .apa yang terjadi ????Pak H marah-marah(saya gak akan jabarkan perkataan apa saja yang keluar dari mulutnya pak H,yang psati membuat orang yang ngantri di sebelah tempat duduk saya bertanya-tanya) ke saya karena mungkin(bukan mungkin tapi pak H bilang pakai geleng-geleng kepala segala) merasa tersinggung karena saya geleng2 kepala di awal pendaftaran.persyaratan saya di cek, Pak H mempermaslahakan Kwitansi pembelian motor yang tandatangannya tidak sama dengan yang asli .alhamdulliah-nya saya bawa kwitansi asli dari pemilik pertama (saya ganti dengan yang baru karena kondisi kwitansi sudah lecek & tidak ada materinya)kwitansi aslipun saya tambahkan materai 6 ribu supaya tidak ada kekurangan lagi.tapi apa kata pak H (semoga alloh memafkanya) tetap salah karaena apa .alasan pak H dari awal sudah salah,yang kedua nama yang ada di kwitansi berbeda dengan nama yang di STNK (contoh nama di STNK “HERU” sedangkan di kwitansi “HERRU” akhirnya saya pulang dengan hati yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaat dongkol.saya di sarankan oleh pak POLISI yang di luar agar datang lagi 2 mingguan supaya pak H /petugas tersebut sudah lupa dengan kejadian ini.
    PENGALAMAN SAYA DALAM PENGURUSAN YANG PERSYARATANNYA MENGHARUSKAN KWITANSI PEMBELIAN TIDAK PERNAH ADA MASLAH.meskipun itu tidak asli.

    TUJUH TIPS
    1.Jangan membantah perintah Petugas yang melayanai
    2.Suara kita jangan ikut meninggi ketika petugas suaranya tinggi
    3.Jangan melakukan gerakan yang menyinggung petugas
    4.jangan mengagap bahwa semua petugas kasar/tidak ramah pada kita(banyak PETUGAS yang sangat MELINDUNGI & MELAYANI MASYARAKAT)
    5.Cari info sebanyak mungkin tentang persyaratan apa saja yang harus di penuhi( saya sarankan untuk menanyakan ke tukang gosok no rangka & mesin/ ke tukang foto copy,biasanya mereka lebih hafal & ramah menjawab)
    6.jangan mengaharapkan akan di layani dengan baik seperti kita dilayanai para pegawai BCA yang selalu tersenyum & menyapa setiap bertemu Customer/di layanai para petugas GRAPARI TELKOMSEL yang ruangan sejuk ,minuman dingin ada,Koran terbaru ada & senyuman para petugasnya
    7.Kalau anda banyak uang / tidak banyak waktu saya sarankan memakai biro jasa / calo yang di tempat(pengalaman saya persyaratan sangat-sangat tidak RIBET & sangat-sangat cepat tergantung permasalahan)

    Persyaratan Mutasi ke luar daerah(untuk perorangan)

    1.FC BPKB
    2.FC STNK
    3.KWITANSI PEMBELIAN(BERMATERAI 6000)(ASLI & DI FOTO COPY) catatan:nama & tanda tangan harus sama dengan yang di STNK untuk menghindari petugas mempersulit persyaratan(Kalau bisa bawa KTP asli pemilik lama)
    4.FC KTP(anda)
    5.CEK FISIK ( KENDARAAN DI GOSOK(no rangka & no mesin) DI TEMPAT) Rp.10.000
    6.BPKB asli
    7.STNK asli
    8.KTP(anda) asli
    Catatan : Foto Copy Masing-masing 4 rangakap.

    Proses 1 bulan untuk mendapatkan No Resi

    Tulisan ini hanya sekedar pengalaman untuk mengantisipasi kejadian terjadi kedua kalinya kepada orang lain.tidak bertujuan menjelekan seseorang / suatu lembaga tertentu dan demi memakmurkan ekonomi rakyat kecil(bisa anda bandingkan perbedaan /selisih bila kita mengurus sendiri dengan memakai jasa orang lain(CALO).bagi pihak terkait silahkan memberikan COMMENT

    Masih bersambung…………………………………

    • ko sama soalnya saya juga mengalami hal itu saat urus mutasi motor temen kerja saya yang kebetulan yang bersangkutan tidak bisa mengurus sendiri dikarenakan ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggal padahal semua persyaratan sudah saya lengkapi, bener banget petugasnya berinisial “H”.

  11. tolong liat pak kapolri penerimaan bintara thn 2009 di polda banten panitianya ada yang terima uang/amplop dari calon bintara padahal calonnya ada masalah dikesehatan

  12. aku baru aja punya masalah,
    orang itu sebut saja jovanka, dia dengan enaaknya mencemarkan nama baik aku di facebooknya, denga tuduhan saya tidak punya ti2k klimaks,saya hamil,dan lebih parahnya lagi dia membeberkan fitnah kpda semua orang bahwa saya telah membeli alat vibrator. padahal semua tuduhanya itu ga ada yang benar sama sekali.. aku pengen ngaduin kasus ini ke pihak yang berwajib,, tp takut nggak digubris…
    aku arus gimana??

  13. pernah say difitnah bahwa sy gay tapi menirit saya tidak yang mengatakannya adalah bapaknya teman saya bapak itu mengucapkannya di depan anaknya(temanku)dan istrinya perbutannya itu mengganggu saya mohon beri penjelasan karena say tidak merasa begitu.adakah pasalnya………..please di jawab

  14. YA’AHOWU FEFU ‘MADO GULÕ’ Tq b’nget atas Ide n Insiparasi MODEraTOR atas Terbuatnya sbh SituZ’MADOGULÕ’Salut buat Anda….dmna jd Bngga NDA’O SAMÕSA MADO GULÕ.’slamat…!!?’Smoga Jaya truz n ttp ‘Brkembang dSPanjanG Masa S3suai VISI&MISI SiPembuat SituZ.

  15. Ping-balik: MENJERAT PELAKU KEJAHATAN CYBERMEDIA « Nias Barat Siapa Yang Punya ?·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s